Musik Patrol, Budaya Anak Muda Bandulan

IMG_7209

Karang Taruna Wira Bhakti Kelurahan Bandulan, Kota Malang, menggelar lomba musik patrol yang ke-9 antar Kecamatan sekota Malang, di Jalan Raya Bandulan, Kota Malang, Sabtu (22/11).

Sebelumnya, lomba patrol tersebut telah diselenggarakan selama 8 kali. Kini festival tersebut berkembang menjadi tradisi bagi warga bandulan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang biasanya festival musik patrol diadakan dibulan Ramadahan, namun festival musik patrol kali ini diselenggarakan di luar bulan Ramadhan.

IMG_7414

“Kami tidak mengadakan dibulan Ramadhan tahun ini karena bertepatan dengan pemilu sehingga Karang Taruna Wira Bhakti tidak diijinkan mengadakan festival musik patrol. Sehingga festival ini juga menjadi pertama kalinya festival musik patrol yang diadakan diluar bulan Ramadahan,” ujar Joehan Taji, Ketua Pelaksana festival musik patrol.

Ada pun beberapa kategori lomba diantaranya memperebutkan juara favorit kekompakan, juara favorit dekorasi dan juara favorit kreativitas. Dalam festival kali ini terdapat sebelas peserta yang seacara bergantian beraksi didepan juri untuk menunjukakan aksinya. Masing-masing peserta memiliki kreativitas dan keunikan mengalunkan musik dan dekorasi kereta yang menjadi kendaraan peserta.

IMG_7281

Sementara itu ribuan warga memadati jalan raya Bandulan untuk menyaksikan pertunjukan peserta. Hal tersebut mengakibatkan arus lalu lintas di kawasan Bandulan hingga Sukun padat merayap. “Festival Musik Patrol ini juga bisa menjadi hiburan bagi warga Bandulan dan warga Malang dan menjadi lapangan pekerjaan bagi pemuda-pemudi karena disamping itu terkadang mereka juga diundang untuk menghadiri acara-acara tertentu,” kata salah satu peserta, Mi’ing.

Baca Juga:
Bandulan, Kampungnya Musik Patrol di Malang

Festival musik patrol ke-9 tersebut dimulai pada pukul 20.00 WIB hingga larut malam. Juara pertama kategori kreatif akhirnya dimenangkan oleh Grup Geng Gonk dari Jl. Raya Candi Blok 2. Untuk juara kedua diraih Al Hidayah Crew dari Jl. Raya Bandulan dalam kategori Juara Terbaik. Serta Grup Putra Manunggal dari Jl. Raya Bandulan 6 sebagai juara pertama kategori kekompakan.

IMG_7384

“Festival Musik Patrol ini juga merupakan tradisi yang harus dilestarikan. Dan tradisi ini juga sudah mendapatkan perhatian dari pemerintah kota Malang. Festival Musik Patrol seperti ini juga bisa ditiru oleh karang taruna kota lain. Karena musik patrol itu identik dengan Indonesia,” ujar Choeroel Anwar, ketua karang taruna sekaligus penggagas festival patrol. (Winda)

IMG_7313

IMG_7314

IMG_7321

IMG_7455

Iklan

One thought on “Musik Patrol, Budaya Anak Muda Bandulan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s