Gereja Ijen Siap Tampung 8000 Jemaat

Seminggu menjelang perayaan Natal (16/12), Gereja Santa Perawan Maria Dari Gunung Carmel atau yang biasa dikenal dengan Gereja Ijen sudah siap untuk menyambut ibadah Natal. Terlihat dari telah dipasangnya beberapa tenda di halaman gereja, mulai dari sebelah samping pintu masuk gereja hingga pintu keluar gereja. Jemaat akan menggunakan halaman gereja untuk ibadah misa kloter pertama tanggal 24 Desember yang rencana dijadwalkan pukul 16.30 WIB.

IMG_7658

Pemasangan tenda ini setiap tahun dilakukan mengantisipasi banyaknya jemaat yang hadir. Diprediksi dalam setiap kloter ada sekitar 2500 hingga 3000 jemaat yang akan mengikuti tiap misa. Hal tersebut disampaikan oleh Romo Felix Suyatno selaku pastur paroki gereja Ijen. “Kapasitas gereja ini hanya 800 orang didalam. Umat yang akan hadir biasanya adalah sekitar 2500-3000 dalam 3 kali ibadah. Jadi kalau 3 kali ibadah kurang lebih ada sekitar 7000-8000”, jelasnya.

Romo Felix Suyatno saat memberikan keterangan terkait kesiapan gereja Ijen menjelang Natal
Romo Felix Suyatno saat memberikan keterangan terkait kesiapan menjelang Natal

Pelaksanaan misa yang begitu padat, pihak gereja juga mengerahkan sekitar 13 pastur yang bergantian memimpin ibadah misa. “Tanggal 24 ya mulai setengah lima sore, jam tujuh dan setengah sepuluh malam. Untuk tanggal 25 mulai setengah lima pagi, setengah delapan untuk anak-anak, jam sepuluh untuk lansia dan setengah lima serta setengah tujuh malam untuk umum”, ujarnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, gereja yang terletak di Jalan Guntur Nomer 1 itu akan meletakkan sebuah kandang pada saat perayaan Natal yang melukiskan dimana Yesus Kristus dilahirkan. “Dekorasi biasa ya kembali ke simbol. Gereja Katolik bukan sekedar dekorasi, dekorasi ini akan melukiskan simbol. Sombol ini tidak pernah terlupakan. Tidak pernah lebih dari itu. Di Katolik tidak ada budaya pohon Natal”, katanya.

Baca Juga:
Jelang Natal, Umat Diajak Bersihkan Diri

Terkait pengamanan, gereja terbesar di kota Malang ini bekerja sama dengan pihak kepolisian dan relawan-relawan yang akan membantu dalam menjaga jalannya ibadah. Nantinya juga pada saat malam ibadah Natal akan diberlakukan tutup jalan disekitar gereja guna menambah kenyamanan jemaat. “Kita tiap tahun kan Natal, biasa kita bentuk panitia pelaksana. Gereja Katolik hanya selalu merayakan peribadatan, tidak ada perayaan pesta”, imbuh Bapak asal Klaten tersebut. (Rizqy)

Jalan di sekitar gereja seperti Jalan Guntur akan disterilkan dari lalu lalang kendaraan
Jalan di sekitar gereja seperti Jalan Guntur akan disterilkan dari lalu lalang kendaraan
Suasana halaman Gereja Ijen yang telah dipasangi terop
Suasana halaman Gereja Ijen yang telah dipasangi terop

IMG_7661

IMG_7678

Iklan

One thought on “Gereja Ijen Siap Tampung 8000 Jemaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s