Kuda Lumping tidak hanya tentang Mistis, tetapi juga Seni Tari dan Musik

Berawal dari hobi dan kecintaanya pada seni, Adi memilih menjadi bagian dari kelompok kesenian Kuda Lumping. Tahun 2005 ia mulai merintis kelompok seni budaya Putra Manggala, sebuah kelompok kesenian kuda lumping di Kota Malang. Kelompok tersebuut telah berdiri lebih dari 30 tahun, sekitar tahun 1980an. Sempat mati suri, Adi berinisiatif menggerakkan kembali kesenian itu.

1

Lelaki lulusan jurusan Ilmu Komunikasi di Bali ini berpendapat bahwa salah satu faktor yang menyebabkan kesenian punah adalah faktor SDM dan pemerintah. “Kalo sesepuh-sesepuh masih ikut tradisi yang masih berpatokan dan berpegang teguh pada tradisi lama, nggak ada perubahan. Jaman sekarang sulit kalau masih gitu”, katanya.

Dibantu ayahnya dan kakaknya yang juga penggerak kesenian tersebut, ia kembali membangun konsep dan struktur baru. Kelompok Kesenian Kuda Lumping Putra Manggala tersebut telah merombak beberapa konsep awal. “Kami menggunakan konsep modern. Jadi nggak begitu menitik beratkan pada hal-hal mistis. Konsep tari dan musik lebih kami tonjolkan,” paparnya.

Ditanya mengenai kendala, ia berpendapat masih banyak yang memandang kuda lumping sebagai kesenian berkonotasi negatif karena ritual magisnya dan perspektif bahwa kesenian tersebut erat kaitannya dengan minuman keras dan mabuk-mabukkan hingga menyebabkan perkelahian. Padahal menurutnya tidak semua kesenian kuda lumping begitu, kelompoknya menjauhi hal-hal seperti itu. “Biasanya banyak yang pura-pura mabuk atau mabuk tapi terlihat seperti kesurupan. Itu akan menyulitkan kami,” ujarnya yang juga menjadi pengajar di Paguyuban Tari di Tretes. (Holfi)

Baca Juga:
Tak Bisa Diandalkan untuk Menyambung Hidup, Pemain Kuda Lumping Banyak yang Beralih Profesi

 

Iklan

One thought on “Kuda Lumping tidak hanya tentang Mistis, tetapi juga Seni Tari dan Musik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s