Tak Bisa Diandalkan untuk Menyambung Hidup, Pemain Kuda Lumping Banyak yang Beralih Profesi

Kamu pernah melihat atau mendengar tari atau pertunjukkan kuda lumping? Tari kuda lumping adalah salah satu kesenian yang berasal dari Jawa. Sudah menjadi tradisi, jika tarian itu biasanya digunakan untuk menyambut tamu atau pertunjukkan dalam acara khitanan.

DSC

Begitu tali pecut dihentakkan ke tanah, maka saat itu juga pemain Kuda Lumping bukan lagi dirinya. Dengan menaiki kuda-kudaan yang terbuat dari anyaman bambu, pemain mulai menari, meliuk, berguling ditanah, berlari persis seperti gerakan-gerakan kuda. Suara hentakkan itu juga menjadi tanda dimulainya aksi ekstrim dari sang pemain. Permainan tersebut identik dengan prilaku di luar batas pemainnya seperti memakan pecahan kaca, memanjat pohon kelapa yang menjulang, hingga mengupas kelapa dengan giginya.

Baca Juga:
Kuda Lumping tidak hanya tentang Mistis, tetapi juga Seni Tari dan Musik

Kesenian itu kian digemari masyarakat. Tidak hanya masyarakat Jawa saja, namun kini kesenian tersebut juga digemari masyarakat luar jawa bahkan wisatawan asing pun juga menyuakinya. Tapi hal tersebut berbanding terbalik dengan perkembangan kelestarian Kuda Lumping.

Selama ini para seniman Kuda Lumping masih banyak yang berjuang seorang diri tanpa campur tangan pemerintah. Akibatnya semakin lama jumlah orang yang menngeluti dunia kesenian itu kian surut. “Banyak anggota yang keluar. Kuda Lumping ini tidak bisa untuk menyambung hidup,” Kata Adi, Ketua Kelompok Seni Kuda Lumping Putra Manggala saat ditemui di rumahnya, Jalan MT. Haryono X, Kota Malang, Rabu, (24/12).

Lelaki yang memiliki nama lengkap Adi Dahniar Rizki itu, mengungkapkan jika hanya mengandalkan hasil dari Kuda Lumping tidak akan cukup. Hal tersebut membuat beberapa anggotanya keluar karena beralih profesi lalu meninggalkan kesenian itu. Selain berkecimpung di dunia Kuda Lumping, Adi juga mempunyai studio foto. “Untuk menyambung hidup, mbak,” ujarnya sambil. (Holfi)

Iklan

One thought on “Tak Bisa Diandalkan untuk Menyambung Hidup, Pemain Kuda Lumping Banyak yang Beralih Profesi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s