Kampung Budaya, Bukti Cinta Mahasiswa Kepada Budaya Nusantara

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Brawijaya (UB) kembali menggelar kegiatan Kampung Budaya yang kedua kalinya di Gedung Samantha Krida. Kegiatan itu bertujuan untuk mempererat silahturahmi antar Forum Daerah (Forda), serta meningkatkan rasa cinta kepada budaya yang dimilliki oleh masing-masing daerah.

IMG_7870

Kampung budaya itu diikuti oleh 30 peserta dari berbagai daerah. Forda yang menjadi peserta Kampung Budaya tersebut adalah anak-anak perantau yang membentuk kelompok-kelompok yang memiliki latar belakang daerah yang sama. Forda telah dilegalkan oleh asal daerahnya.

Di tahun ke-2 tersebut, kampung budaya mengusung tema Ulagar Bramantia Nunggal Gunita Nuswapada, yang artinya korbarkan semangat kesatuan budaya nusantara. “Dengan mengusung tema tersebut, diharapkan seluruh Forda yang terkumpul di Kota Malang itu dapat lebih mengenal dan mencintai budaya yang telah mereka miliki,” kata Anwar Riza Laili Zahwalani, Wakil Ketua Pelaksana Kampung Budaya.

Rangkaian acara kegiatan kebudayaan tersebut berlangsung selama dua hari, dimulai tanggal 18 hingga 19 Desember. Di hari pertama, terdapat acara pawai keliling kampus UB yang diikuti oleh masing-masing Forda. Namun acara itu tidak terlakasana karena hujan yang tak kunjung reda. Lalu Kegiatan pawai itu diganti dengan peragaan kostum di Gazebo UB.

Dan di hari kedua, masing-masing Forda menampilkan tari-tarian dan ciri khas yang dimiliki oleh masing-masing daerah. Tidak hanya itu, setiap Forda juga mendirikan stan bazar untuk memberikan informasi seputar daerah masing-masing. Kegiatan Kampung Budaya tersebut mendapatkan antusias tinggi dari peserta Forda. Selain dapat mempererat tali silahturahmi, kegiatan tersebut juga dapat mempromosikan dan keunikan masing-masing daerah. (Winda)

Antusiasme pengunjung yang didominasi mahasiswa dalam kampus
Antusiasme pengunjung yang didominasi mahasiswa dalam kampus
Beberapa stand bazar yang memeriahkan Kampung Budaya memberikan informasi mengenai tempat wisata dan keunikan budaya tiap daerah
Beberapa stand bazar yang memeriahkan Kampung Budaya memberikan informasi mengenai tempat wisata dan keunikan budaya tiap daerah
Penampilan baju adat tradisional dari Aceh ini menjadi daya tarik pengunjung untuk berfoto
Penampilan baju adat tradisional dari Aceh ini menjadi daya tarik pengunjung untuk berfoto

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s