Anak-anak ini Main Gamelan dengan Mata Tertutup?

Di Kampung Celaket, di bawah bimbingan Achmad Winarto, Dela bersama teman-temannya, tidak kaku lagi dalam memukul-mukul beberapa alat musik. Bahkan dengan mata tertutup!

CYMERA_20150111_201005

Anak-anak tersebut diajarkan bagaimana memainkan alat musik tradisional Jawa yang legendaris tersebut. Cak Win, sapaan akrabnya, adalah pendiri Komunitas Arema!Ker. Komunitas tersebut adalah sebuah komunitas yang peduli untuk melestarikan budaya warisan leluhur dengan cara mengajarkan dan melatih anak-anak bermain alat musik tradisional, Gamelan.

Cak Win ingin anak-anak lebih mencintai musik tradisional dengan hati. “Anak-anak saya suruh rasakan iramanya, agar mereka memainkannya dengan hati,” ujar Ketua RW Kampung Celaket itu, Jum’at (9/5).

Baca Juga:
Merekam Langkah Arema!Ker dalam Menyelamatkan Gamelan
Karena Masa Kecil dan Prihatin, Ketua RW Bentuk Kelompok Dolanan

Tidak hanya musiknya, mereka juga diajarkan bagaimana menyinden atau nembang. Mereka biasanya latihan pada Hari Minggu di Gedung Pertunjukan Sasana Krida Budaya di Kampung Celaket. Selama latihan, mereka juga dibekali tambahan pelajaran budi pekerti, agama, hingga pelajaran umum, lho!

Awalnya ia kesulitan karena media yang sulit didapat. Faktor sedikitnya jumlah pemesanan dan harganya yang fantastis, membuat para pengrajin hanya memproduksi gamelan jika ada pesanan saja. “Untuk satu perangkat gamelan harganya bisa sampai puluhan juta,” tambahnya.

Hingga saat ini, mereka sering tampil untuk mengasah keterampilan sekaligus melestarikan musik Jawa. Dari sekian banyaknya musik, anak-anak itu justru menjatuhkan pilihannya pada musik tradisional, kesenian gamelan. (Holfi)

Anak-anak Arema!ker latihan bermain Gamelan dengan mata tertutup.
Anak-anak Arema!ker latihan bermain Gamelan dengan mata tertutup.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s