Kenalkan Kuliner Indonesia, BIPA UMM Gelar Kuliah Budaya

Program BIPA (Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing) Universitas Muhamadiyah Malang (UMM) menggelar tasyakuran dan kuliah budaya bertajuk “Kuliner Tumpeng Sebagai Kebudayaan Indonesia” di Kantor BIPA Perpustakaan Universitas, Rabu (7/1).

Acara menghadirkan Kepala BIPA, Arief Budi Wurianto dan seorang pengajar BIPA, Arina Restian. “Ini merupakan acara dimana para mahasiswa asing dari program BIPA yang belajar di Universitas Muhammadiyah Malang bisa tahu tentang kuliner budaya di Indonesia dan juga merupakan acara tasyakuran atas diraihnya program BIPA sebagai program yang unggul,” Ujar Arina.

Dalam acara yang dihadiri oleh mahasiswa asal Thailand, China, Polandia, Korea, dan Vietnam tersebut membahas menenai filosofi nasi tumpeng sebagai kebudayaan kuliner yang ada di Indonesia. Tumpeng merupakan warisan tradisi nenek moyang yang sangat tinggi nilai dan maknanya karena merupakan sombolisasi yang bersifat sakral.

Salah satu kreasi Tumpeng Berwarna-warni. Diambil dari laman: http://www.liputan6.com
Salah satu kreasi Tumpeng Berwarna-warni.
Diambil dari laman: http://www.liputan6.com

Sajian olahan nasi ini sangat identik dengan budaya tradisi tasyakuran (slametan) khas suku bangsa Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Tumpeng memiliki arti dan makna yang lebih menunjukkan pada suatu rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Cara pembuatannya juga mengikuti tradisi yang sudah ada sejak masa silam. (Faisal)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s