Mengenal Batik Daerah Blimbing

Batik, kain yang menjadi Indentitas budaya Indonesia, batik merupakan kebanggaan bangsa Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO. Setiap daerah di Indonesia memiliki motif batik yang berbeda-beda, maka dari itu batik juga bisa menjadi cerminan budaya di daerah tersebut. Proses pembuatan batik yang memerlukan waktu lama, ketelitian, dan kesabaran membuat kain yang satu ini memiliki nilai yang amat tinggi, baik dari segi ekonomis maupun seni.

ibu wiwik membatik

Sesuai dengan keterangan tersebut, Malang, daerah dingin di Jawa Timur, juga memiliki batik dengan kekhasan sendiri. Mulai muncul beberapa UKM Batik yang memasukkan identitas kota Malang dalam produksi batik mereka, salah satunya adalah Batik Blimbing Malang.

UKM yang berdiri sejak tahun 2009 ini memproduksi kain batik kontemporer yang memasukkan identitas budaya Malang pada setiap kainnya, contohnya adalah motif-motif singa, apel, dan topeng malangan. Batik Blimbing malang yang diprakarsai oleh Ibu Wiwik ini juga memasukkan warna yang menjadi identitas Malang, yaitu warna biru, ke batik yang produksi oleh workshop batik Blimbing Malang di Jalan Candi Jago No. 6, Blimbing, Malang.

Batik Blimbing Malang tidak hanya memproduksi kain batik saja, namun mereka juga membuka kelas pelatihan yang bisa membantu orang-orang awam untuk belajar membatik dan membantu melestarikannya. Karena tujuan awal dari pembukaan Batik Blimbing Malang ini adalah untuk melestarikan budaya membatik agar tidak punah di negeri sendiri. (Faisal)

Baca Juga:
Pelajari Seni Membatik Yuk….

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s