Pantai Goa Cina, Pemandangan Biru di Ujung Selatan Malang

Berbagai jenis wisata ada di Malang, mulai dari wisata pendidikan, wisata budaya, wisata kuliner serta wisata alamnya. Berbicara mengenai alam, di daerah Kabupaten ada wisata alam yang tak kalah indah dengan kota-kota di Indonesia, termasuk pantainya.

securedownload4

Salah satu pantai terkenal di Malang adalah pantai Goa Cina. Pantai Goa Cina atau yang memiliki nama asli Pantai Rowo Indah ini terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Konon dinamakan Goa Cina karena di pantai tersebut terdapat gua di atas bebatuan besar, yang dulunya dijadikan tempat bertapa orang Tiongkok. Pantai tersebut memiliki panorama pemandangan alam yang masih alami, seperti hamparan hijaunya sawah serta dan bukit-bukit yang terbuat dari batu kapur.

Akses jalan menuju Goa Cina saat ini terbilang mudah karena medan jalan yang bersapal. Meski demikian untuk akses lebih dalam ke pantai tersebut, jalan yang ditempuh masih rusak dan belum diperbaiki. Pengendara harus berhati-hati ketika hujan turun karena akses jalan tersebut masih berupa tanah dan bebatuan yang besar, sehingga sulit dilalui kendaraan.

Akses jalan masuk menuju Pantai Goa Cina yang masih tanah dan bebatuan besar.

Waktu tempuh yang diperlukan dari Kota Malang memakan waktu hingga sekitar dua hingga tiga jam. Berikut rute bagi para pengunjung yang ingin ke pantai tersebut. Pertama, dari arah Kota Malang arahkan kendaraan anda menuju Gadang, Turen. Ikuti papan plang penunjuk arah Pantai Sendang Biru. 1,5 Km sebelum Pantai Sendang Biru terdapat pertigaan. Selanjutnya belok kanan ke arah Pantai Bajul Mati. Setelah 5 Km di kiri jalan, pengunjung akan menemukan papan penunjuk Pantai Goa Cina. Setelah itu belok kiri sekitar 800 M dan pengunjung akan menemukan loket untuk masuk ke pantai tersebut.

Papan penunjuk jalan yang terletak di pertigaan arah malang dan Pantai Goa Cina.

Untuk biaya tiket masuknya, pengunjung dikenai biaya sebesar Rp 10.000 per orang. Biaya parkir kendaraan bermotor sebesar Rp 5000 dan Rp 7000 untuk kendaraan roda empat. Fasilitas umum disana masih kurang baik. Kawasan wisata tersebut masih membutuhkan eksplorasi lebih dari pemerintah Kabupaten Malang.

Pengunjung dapat menikmati berbagai macam makanan dan minuman yang dijual di warung-warung sekitar pantai. Selain makanan dan minuman, beberapa warung juga menyediakan tempat untuk menginap bagi pengunjung. Meskipun telah tersedia, namun masih banyak pengunjung yang kerap mendirikan tenda untuk dapat melihat keindahan fenomena matahari terbit Pantai Goa Cin. (Eet)

Di sekitar pantai terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman bagi para pengunjung.
Panorama biru pantai Goa Cina yang memukau pandangan pengunjung.