Persembahan Untuk Alam dari Kearifan Budaya Lokal

Selain terkenal dengan kesejukan udaranya, Malang juga terkenal dengan agrowisatanya. Lain halnya dengan Kota Batu yang terkenal dengan agrowisata petik apel, Malang terkenal dengan agrowisata tehnya, Agrowisata Kebun Teh Wonosari. Agrowisata ini terletak di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, tepatnya 30 Km dari Kota Malang. Harga tiketnya sangat terjangkau, yakni Rp 8.000 untuk hari biasa, dan Rp 11.000 untuk weekend.

securedownload3

Selain disuguhkan panorama alam yang begitu indah, Agrowisata Kebun Teh Wonosari memiliki beberapa tradisi budaya yang sengaja dipersembahkan untuk alam. Tradisi tersebut adalah Syukuran Untuk Alam Atas. Tradisi tersebut sebagai bentuk syukur atas diberikannya kesuburan dan rezeki dari teh yang ditanam. Pada tradisi itu ditampilkan tarian kolosal Cara Memetik Teh. Tarian itu diperuntukan kepada para pemetik teh, agar diberi keselamatan saat bekerja dan rezeki yang barkah. Tak lupa diadakan acara doa bersama kepada Pencipta.

securedownload

Agrowisata Kebun Teh Wonosari memiliki produk unggulan yaitu Teh Hitam yang merupakan hasil perkebunan. Hasil perkebunan agrowisata tersebut menembus angka 70% untuk ekspor keluar negeri setiap tahunnya. Sehingga bagi para petani bersyukur atas kesuburan tanah serta hasil teh yang mereka tanam adalah sesuatu yang patut untuk dirayakan.

Tarian Kolosal bercerita tentang cara memetik teh diperkebunan teh. Tarian ini diperuntukan para pemetik teh, agar diberi keselamatan saat bekerja dan rezeki yang barokah saat memetik teh di perkebunan teh Wonosari, Lawang.
Tarian Kolosal bercerita tentang cara memetik teh diperkebunan teh. Tarian ini diperuntukan para pemetik teh, agar diberi keselamatan saat bekerja dan rezeki yang barokah saat memetik teh di perkebunan teh Wonosari, Lawang.

Pemimpin doa dalam acara syukuran tersebut, biasanya adalah sesepuh Desa Wonosari. Tradisi budaya lokal seperti tarian dan doa tersebut tidak hanya berarti bagi mereka yang merayakan. Namun bagi para pengunjung Agrowisata Kebun Teh Wonosari sendiri, menjadi salah satu tontonan menarik ketika mengunjunginya. (Eet)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s